Rabu, 28 Januari 2015

PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN NEW ICE KRIM




PROPOSAL USAHA
“ROTI BAKAR ICE CREAM”




Disusun oleh:

I . Solo harimurdi
II. Alex ahmad
III. Sayfudin

Sekolah : Smk Arrahmah Papar Kediri
Guru pembibing : M . Zainudin, S.Pd.

                                                                       



BAB I PENDAHULUAN

A.              Latar Belakang

Seiring dengan perkembangan zaman dan lingkungan maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli sesuatu. Salah satu hal dimana orang sangat hati-hati dan teliti sekali dalam memilih dan membeli adalah ketika manusia membeli makanan.
Zaman dulu orang membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah, ini terutama bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang mereka beli.
Akan tetapi akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita dalam membeli makanan adalah memperhatikan rasa, gizi yang terkandung dalam makanan tersebut, baru kemudian memikirkan harga. Oleh karena itu,  roti banyak menjadi pilihan manusia untuk makanan ringan, dimana dari segi rasa, roti menawarkan cukup banyak rasa yang ditawarkan dan enak, dari segi gizi juga memenuhi kebutuhan gizi manusia, dari segi harga, roti mudah dijangkau semua kalangan masyarakat.
Dari fenomena diatas maka sangat cocok dan potensial bila saya mendirikan usaha jualan roti bakar, dimana dari segi rasa memenuhi rasa enak, dari segi gizi roti bakar sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen karena mengandung karbohidrat, protein dll. Dari segi harga roti bakar terbilang mudah dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.







BAB II
ANALISIS USAHA
A.              Profil Usaha
Usaha roti bakar ini saya berikan atas dasar pencairan peluang usaha selepas tamat SMK, yang hanya dengan modal minim atau mungkin juga hasil pinjaman bank, saya akan mendirikan usaha roti bakar ini dengan nama “ROTI BAKAR ICE CREAM” yang merupakan pemikiran saya.
Untuk tempat usaha saya memilih tempat di Jalan Urip Sumoharjo dekat dengan supermaret Carrefour Kota Pekalongan karena prospek kedepannya sangat bagus, dilihat dari lokasinya yang strategis dengan supermarket, sekolahan, dan hotel yang memungkinkan usaha ini terus berkembang.
Tempat usaha untuk sementara merupakan hasil dari sewa tempat berhubung dengan keterbatasan biaya, dengan pekerja mungkin hanya 2 (dua) orang untuk membantu kelancaran dalam menjalankan usaha.

B.               Keunggulan Usaha
Adapun keunggulan usaha dari “Roti Bakar Ice Cream” antara lain, sebagai berikut :
1.    Bahan baku yang mudah didapat
2.    Pembuatan produk yang tidak rumit
3.    Produk mudah dipasarkan dan digemari masyarakat, terutama untuk anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua.
4.    Modal tidak terlalu besar
5.    Alat-alat yang digunakan sederhana
6.    Proses pembuatan mudah

C.               Keunggulan Produk
Adapun keunggulan produk dari “Roti BakarIce Cream” antara lan, sebagai berikut :
a.       Makanan yang digemari semua kalangan
b.      Halal, praktis, dan higienis
c.       Harganya terjangkau
d.       Enak, lezat dan tidak mengandung bahan pengawet
e.       Mengandung gizi yang cukup, seperti : karbohidrat, protein, dll.

D. Sistematika Pemasaran Produk
1.    Gambaran Umum Pasar
     Pada produk “Roti  Bakar Ice Cream” ini memakai sistem produksi langsung. Yaitu dari produsen langsung ke konsumen.
Adapun sasaran konsumen/pembelinya meliputi seluruh lapisan masyarakat, yang wilayah pemasarannya masih dalam Kota Pekalongan dan sekitarnya.

2.    Strategi Pemasaran Produk
            Strategi pemasaran yang saya lakukan berupa proses produksi dan proses promosi.
1)      Proses Produksi
·      Produk
a.      Selalu melakukan inovasi baru bagi kepuasan pelanggan.
b.         Menerima kritik dan saran disetiap proses produksinya, demi      memajukan usaha agar selalu digemari oleh semua kalangan.
c.           Dalam produk ini saya akan menerima pesanan jika memang ada pelanggan yang menginginkannya.
·      Harga
     Harga satuan per porsi adalah Rp 4.000

·      Jalur Penjualan
   Dijual melalui took karena menurut saya lebih sederhan, sehingga konsumen dapat mengunjunginya dengan mudah.
2)      Proses Promosi
     Produk akan saya promosikan melalui radio, maupun brosur selebaran sehingga dapat menambah peluang pasar.



BAB IV
PERENCANAAN KEUANGAN
1 Nanas + Strawbery Rp. 10.000
2 Nanas + Nanas Rp. 10.000
3 Strawbery + Strawbery Rp. 10.000

4 Kacang + Kacang Rp. 12.000
5 Kacang + Strawbery Rp. 10.000
6 Kacang + Nanas Rp. 10.000
7 Kacang + Blueberry Rp. 10.000

8 Coklat + Coklat Rp. 12.000
9 Coklat + Strawbery Rp. 10.000
10 Coklat + Nanas Rp. 10.000
11 Coklat + Kacang Rp. 12.000

12 Blueberry + Strawbery Rp. 10.000
13 Blueberry + Nanas Rp. 10.000
14 Blueberry + Blueberry Rp. 10.000
15 Blueberry + Coklat Rp. 11.000

16 Srikaya + Srikaya Rp. 12.000
17 Srikaya + Strawbery Rp. 10.000
18 Srikaya + Blueberry Rp. 10.000
19 Srikaya + Nanas Rp. 10.000
20 Srikaya + Kacang Rp. 12.000
21 Srikaya + Coklat Rp. 12.000

22 Keju + Coklat Rp. 12.000
23 Keju + Kacang Rp. 10.000
24 Keju + Strawbery Rp. 10.000
25 Keju + Nanas Rp. 10.000
26 Keju + Blueberry Rp. 10.000
27 Keju + Srikaya Rp. 12.000
28 Keju + Keju Rp. 12.000
29 Komplit Rp. 15.000


c. Modal awal

Nomor
Nama Barang
Harga
Jumlah
Keterangan
1. Grobak Rp 3.200.000 1

Dapat di gunakan dalam jangka waktu yang panjang.
2. Kompor Rp 250.000 1
3. Tabung Gas 3 kg Rp 170.000 1
4. Besi Panggangan Rp 300.000 1
5. Alat Pembakar Rp 50.000 2
6. Alat Pemotong Rp 82.000 2
7. Top Les Rp 100.000 7
8. Lap Tangan Rp 30.000 3
9. Kotak Sampah dan Ember Rp 30.000 2
10. Bola Lampu Rp 100.000 3
11. Kabel Rp 50.000 1
12. Saklar lampu Rp 40.000 1
13. Merek Usaha/banner Rp 100.000 2 m
14. Roti Rp 60.000 20 Bungkus

Dalam jangka pendek (Maksimal 5 hari)
15. Rasa-Rasa
1. Nanas
2. Keju
3. Strowberry
4. Blueberry
5. Kacang
6. Coklat
7. Srikaya
8. Margarin
9. Susu
Rp 12.000
Rp 18.000
Rp 12.000
Rp 15.000
Rp 20.000
Rp 16.000
Rp 20.000
Rp 16.000
Rp 9.000
1 kg
1 kotak
1 kg
1 kg
1 kg
1 kg
1 Bungkus
1 kg
1 Kaleng

TOTAL UNTUK MODAL AWAL
Rp 4.700.000










PENUTUP
            Demikianlah proposal “Roti Bakar Ice Cream” ini saya susun dengan sebaik-baiknya, dan saya mengucapkan alhamdulillahh atas terselesainya proposal ini. Semoga bagi Tim Penguji dan Penilai memberikan tanggapan dan nmerasa puas akan hasil saya.
            Dalam penyusunan proposal ini, saya telah berusaha sebaik mungkin guna menyelesaikan proposal ini dengan sebaik mungkin, maka dari itu saya mohon maaf apabila ada kesalahan kata dan lain sebagainya. Dan saya menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaaan, oleh karena itu saya mengharap kritik dan saran yang membangun dari pembaca yang budiman.
            Sekiranya saya rasa cukup  dan semoga proposal ini memberikan manfaat bagi pembacanya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar