AKSI NYATA MODUL 2.2
Pembelajaran
Sosial dan Emosional
M.
Zainudin, S.Pd, M.Pd. CGP Tahap 11 Kab Kediri
Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Guru Penggerak!
Perkenalkan
nama saya M. Zainudin merupakan Calon Guru Penggerak Angkatan 11 Kab Kediri
dari SMKN 1 Grogol, saya menulis untuk berbagi pengalaman melalui jurnal dwi
mingguan ke 6 ini. Salam dan Bahagia pembaca yang budiman, pada kesempatan kali
ini saya menuliskan Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.2 tentang Pembelajaran
Sosial dan Emosional. Jurnal refleksi dwi mingguan ini merupakan salah satu
tugas yang harus dibuat oleh setiap calon guru penggerak. Jurnal refleksi dwi
mingguan adalah sebuah catatan refleksi diri setelah mengikuti kegiatan
pelatihan yang ditulis secara rutin setiap dua minggu sekali dan wajib
dilakukan oleh Calon Guru Penggerak, dan sebagai calon guru penggerak saya akan
merefleksikan seluruh rangkaian kegiatan selama mempelajari modul 2.2 tentang
Pembelajaran Sosial dan Emosional dengan model refleksi 4F (Fact, Feeling,
Findings, Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. Dan berikut
ulasan jurnal refleksi dwimingguan ke 6 modul 2.2. Pembelajaran Sosial dan
Emosional.
Fact
(Peristiwa)
Setelah
mempelajari modul 2.2 tentang Pembelajaran Sosial dan Emosional kemudian pada
hari Selasa, 3 September 2024 saya mulai mempelajari modul 2.2 tentang
Pembelajaran Sosial dan Emosional. Dari modul 2.2 saya belajar tentang :
Pada
modul 2.2 ini saya mulai mempelajari materi mengenai Pembelajaran Sosial dan
Emosional sesuai tahapan merdeka yang dilaksanakan, pada modul 2.2 kami
disuguhi materi dan video yang ada di LMS serta diberikan beberapa pertanyaan
pemantik berupa Refleksi Kompetensi Sosial dan Emosional tentang pengalaman
yang pernah kami alami yang berhubungan dengan tugas kami sebagai pendidik,
bagaimana kami menghadapi krisis tersebut, bagaimana kami bisa bangkit dari
krisis tersebut, serta apa yang kami pelajari dari krisis tersebut.
Eksplorasi
konsep. Dibagian eksplorasi konsep ini, saya mempelajari secara mandiri maupun
secara diskusi melalui LMS. Di eksplorasi konsep kami disuguhi dengan
materi-materi tentang Kompetensi Sosial Emosional, tahapan dan cara penerapan
pembelajarannya serta Implementasinya di sekolah. Tujuan dari materi
Pembelajaran Sosial Emosional adalah memberikan pemahaman, penghayatan dan
kemampuan untuk mengelola emosi (kesadaran diri), menetapkan dan mencapai
tujuan positif (pengelolaan diri), merasakan dan menunjukan empati kepada orang
lain (kesadaran sosial), dan membuat keputusan yang bertanggung jawab.
Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) adalah pembelajaran yang dilakukan
secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Pembelajaran Sosial dan
Emosional berdasarkan kerangka kerja CASEL (Collaborative for Academic, Social
and Emotional Learning) yang bertujuan untuk mengembangkan 5 (lima) Kompetensi
Sosial dan Emosional (KSE) yaitu: kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran
sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung
jawab. Pembelajaran Sosial Emosional ini dapat diimplementasikan di kelas atau
sekolah dengan 4 indikator yaitu, pembelajaran eksplisit, integrasi dalam
pembelajaran guru dan kurikulum akademik, melalui proses menciptakan iklim
kelas dan budaya sekolah, serta penguatan KSE Tenaga pendidik dan Tenaga
Kependidikan.
Ruang
kolaborasi. Ruang kolaborasi dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah
diskusi dengan anggota kelompok dan yang kedua adalah bagian presentasi hasil
diskusi kelompok. Ruang Kolaborasi dipandu dan difasilitasi oleh Ibu Siti
Maemunah selaku Fasilitator. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring memalui
Google Meet. Diskusi kelompok di ruang kolaborasi pertama dilakukan pada hari
Jum’at, 6 September 2024 pukul 13.00- 15.30 WIB. Sementara itu, presentasi
hasil diskusi dilaksanakan pada hari Senin, 9 September 2024 pukul 14.30 -
17.00 WIB
Demonstrasi
Kontekstual. Pada kegiatan ini, saya mendapatkan tugas untuk membuat Rencana
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional bagi murid di Kelas. Adapun link
demonstrasi konteksual sebagai berikut : Tugas Demonstrasi Kontekstual Modul
2.2 "RPP KSE" Elaborasi Pemahaman. Saya melakukan elaborasi pemahaman
dengan instruktur melalui Goole Meet pada hari Kamis, 14 November 2023 sesi 2
pukul 15.30 - 17.00 WIB. Instruktur yang memandu kegiatan elaborasi adalah Dr. Achyar, M.Pd.
Koneksi
Antar Materi. Pada kegiatan ini yaitu mengaitkan materi yang sudah dipelajari
mulai dari modul 1.1, 1.2, 1.3, 1.4, 2,1 dan 2.2 serta membuat sintesa
pemahaman dengan mengkoneksikan semua materi yang telah dipelajari sebelumnya
untuk menjelaskan pemahamannya tentang pembelajaran sosial emosional dan
bagaimana mengimplementasikannya. Adapun link koneksi materi adalah sebagai
berikut : Tugas Koneksi Antar Materi Modul 2.2 "Pembelajaran Sosial dan
Emosional"
Aksi
Nyata dalam modul 2.2 ini mengimplementasikan dan melakukan refleksi terhadap
implementasi pembelajaran sosial dan emosional kepada rekan sejawat di sekolah.
Adapun link aksi nyata adalah sebagai berikut : Aksi Nyata Modul 2.2
"Pembelajaran Sosial dan Emosional"
Feeling
(Perasaan)
Setelah
mempelajari modul 2.2 tentang Pembelajaran Sosial dan Emosional dan mengikuti
serangkaian kegiatan baik belajar secara mandiri maupun diskusi secara virtual,
saya merasa senang dan semakin termotivasi dalam menjalankan pendidikan guru
penggerak. Saya sangat bersyukur bisa mengikuti Pelatihan Guru Penggerak ini
karena dengan demikian saya tahu tentang Pembelajaran Sosial dan Emosional.
Ilmu yang sangat berharga bagi saya untuk modal saya dalam mendidik murid di
sekolah.
Findings
(Pembelajaran)
Setelah
mempelajari modul 2.2 ini, pembelajaran yang dapat saya petik dari kegiatan
pada modul 2.2 ini adalah saya memperoleh pemahaman mendalam tentang
Pembelajaran Sosial dan Emosional. Diantaranya saya mendapatkan pelajaran bahwa
mengenali emosi diri sebelum melakukan setiap tindakan itu harus, agar tindakan
tersebut tidak berdampak buruk bagi diri sendiri maupun orang lain. Selain
mengenali emosi diri, kita juga dituntut untuk mampu mengelola emosi tersebut
agar kita kembali ke keadaan semula yaitu dalam keadaan yang bahagia. Selain
itu, banyak lagi ilmu yang saya dapatkan di modul ini seperti kesadaran sosial,
keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Semua
materi tersebut bertujuan untuk menciptakan hubungan yang baik dan positif
dengan sesama rekan kerja, dengan murid maupun dengan masyarakat disekitar
kita. Kesimpulan dari mempelajari modul ini yaitu :
Pembelajaran
Sosial dan Emosional adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh
seluruh komunitas sekolah yang memungkinkan anak dan pendidik dan tenaga
kependidikan di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan
sikap positif mengenai 5 Kompetensi Sosial dan Emosional.
Kompetensi Sosial
Emosional diantaranya yaitu :
Kesadaran Diri (Self Awareness),
Pengelolaan Diri (Self
Management),
Kesadaran Sosial
(Social Awareness),
Kemampuan Berinteraksi
Sosial (Relationship Skills),
Pengambilan Keputusan
Bertanggung Jawab (Responsible Decision-Making).
Sehingga
tujuan utama PSE itu sendiri adalah untuk menciptakan lingkungan belajar yang
aman dan nyaman agar seluruh individu di sekolah dapat meningkatkan kompetensi
akademik dan kesejahteraan psikologis (well-being) secara optimal.
Future
(Penerapan)
Setelah
menggali pengetahuan dari modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional, yang
ingin saya lakukan yaitu :
Menerapkan pembelajaran
sosial dan emosional dalam pembelajaran baik secara eksplisit maupun
terintegrasi dalam kurikulum akademik maupun iklim dan budaya sekolah,
contohnya seperti melakukan teknik STOP di sela-sela kegiatan pembelajaran
dengan mengajak murid-murid untuk bernafas dengan kesadaran penuh sebelum
melanjutkan pembelajaran lagi. Menginformasikan dan berkolaborasi dengan warga
sekolah tentang pembelajaran sosial dan emosional agar pembelajaran sosial dan
emosional ini dapat terlaksana dengan optimal.
Dalam
penguatan pembelajaran sosial dan emosional selaku pendidik saya berharap dapat
menjadi teladan dan contoh baik bagi murid, rekan sejawat maupun bagi
lingkungan SMKN 1 Grogol.
Demikian Aksi nyata Modul 2.2 saya tentang Pembelajaran Sosial dan Emosional. Semoga
bermanfaat.Terimakasih.
Salam Guru Penggerak. Wassalamualaikum
Wr.Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar