SILABUS MATA PELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK Negeri 1 Grogol
Bidang
Keahlian : Teknik ...
Kompetensi
Keahlian : Teknik Bisnis dan Sepeda Motor (C3)
Mata
Pelajaran : Produk Kreatif dan Kewirausahaan
Durasi
Waktu : 136
@45Menit
KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja
Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Ketrampilan) : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan
prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja
Teknik Komputer dan Jaringan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan
mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang. dipelajarinya
di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi,
kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah
konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Materi
Pokok
|
Alokasi
Waktu
(JP)
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Sumber
Belajar
|
3.10.
Mengana-lisis peren-canaan pro-duksi massal
4.10.
Membuat perencana-an pro-duksi massal
|
3.10.1.
Menjelaskan Produksi Massal, Penerapan Produksi Massal, Rancangan Produksi
Massal, Tahapan Produksi Massal
3.10.
2. Menjelaskan Produksi Massal, Penerapan Produksi Massal, Rancangan Produksi
Massal, Tahapan Produksi Massal
3.10.3.
Menguraikan Produksi Massal, Penerapan
Produksi Massal
4.10.1. Menentukan Produksi Massal, dan
Tahapan Produksi Massal
4.10.2.
Membuat ana-lisis Produksi Massal, dan Tahapan Produksi Massal
|
·
Produksi Massal, Penerapan Produksi Massal, Rancangan Produksi Massal,
Tahapan Produksi Massal
|
40
|
·
Mengamati untuk mengidentifi-kasi dan merumuskan masalah tentang Produksi Massal,
Penerapan Produksi Massal, Rancangan Produksi Massal, Tahapan Produksi Massal(rasa ingin tahu)
·
Mengumpulkan data tentang merumuskan masalah tentang Produksi Massal, Penerapan Produksi Massal,
Rancangan Produksi Massal, Tahapan Produksi Massal dengan membaca
buku/internet. (Gemar membaca)
·
Mengolah data tentang merumuskan masalah
tentang Produksi Massal, Penerapan
Produksi Massal, Rancangan Produksi Massal, Tahapan Produksi Massal l (mandiri dan tanggung jawab)
·
Mengomunikasikan tentang merumuskan masalah
tentang Produksi Massal, Penerapan
Produksi Massal, Rancangan Produksi Massal, Tahapan Produksi Massal (komunikatif)
|
Pengetahuan:
●
Tes
tertulis
Keterampilan:
●
Unjuk
kerja
●
Portofolio
|
·
Produk Kreatif
dan Kewirausahaan, Kelas XII HUP, 2019
|
3.11.
Menentu-kan indika-tor keberh-asilan ta-hapan pro-duksi mas-sal
4.11.
Membuat indikator keberhasilan tahap-an
pro-duksi massal
|
3.11.1.
Menjelaskan cara menen-tukan indikator keberhasilan tahapan pro-duk massal
3.11.
2. Menguraikan penentukan indi-kator
keberhasilan tahapan peren-canann
produk massal
4.11.1.
Menentukan indikator ke-berhasilan tahapan pro-duksi
missal
4.11.2.
Membuat indikator keberhasilan ta-hapan produksi massal
|
·
Definisi indi-kator keberha-silan ta-hapan produk massal
·
Pendekatan penentuan in-dikator keber-hasilan tahapan pe-rencanaan massal
·
Indikator pe-nentuan keber-hasilan tahapan produksi massal
|
16
|
·
Mengamati untuk mengidentifi-kasi dan
merumuskan masalah tentang indi-kator
ke-berhasilan tahapan produksi massal (rasa ingin tahu)
·
Mengumpulkan data tentang indi-kator ke-berhasilan tahapan produksi
massal dengan membaca
buku/ internet. (Gemar membaca)
·
Mengolah data tentang indikator ke-berhasilan
tahapan produksi massal (mandiri dan
tanggung jawab)
·
Mengomunikasikan tentang indika-tor ke-berhasilan
tahapan produksi massal (komunikatif)
|
Pengetahuan:
●
Tes
tertulis
Keterampilan:
●
Unjuk
kerja
●
Portofolio
|
·
Produk Kreatif
dan Kewirausahaan, Kelas XII HUP, 2019
|
3.12.
Menerap-kan pro-ses pro-duksi mas-sal
4.12.
Melakukan produksi massal
|
3.12.1.
Menjelaskan Pengertian Perakitan Produk, Metode Perakitan Produk
3.12.2 Mengidentifi-kasi Pengertian Perakitan
Produk, Metode Perakitan Produk
3.12.3.
Menguraikan proses penerapan proses produksi
massal
4.12.1.
Menentukan Persiapan Alat dan Bahan-Bahan Produksi, Pemanfaatan Peluang
secara Kreatif dan Inovatif
4.12.2.
Membuat Persiapan Alat dan Bahan-Bahan Produksi, Pemanfaatan Peluang secara
Kreatif dan Inovatif
|
·
Pengertian Perakitan Produk, Metode Perakitan Produk,
·
Persiapan Alat dan Bahan-Bahan Produksi, Pemanfaatan Peluang secara
Kreatif dan Inovatif
|
16
|
·
Mengamati untuk mengiden-tifikasi
dan merumuskan masalah tentang Pengertian Perakitan Produk, Metode Perakitan Produk Persiapan Alat dan Bahan-Bahan Produksi, Pemanfaatan
Peluang secara Kreatif dan Inovatif, (rasa ingin tahu)
·
Mengumpulkan data tentang Persiapan Alat dan Bahan-Bahan Produksi, Pemanfaatan Peluang secara
Kreatif dan Inovatif dengan membaca
buku/internet. (Gemar membaca)
·
Mengolah data tentang Persiapan Alat dan Bahan-Bahan Produksi, Pemanfaatan
Peluang secara Kreatif dan Inovatif (mandiri dan tanggung
jawab)
·
Mengomunikasikan tentang Persiapan Alat dan Bahan-Bahan Produksi, Pemanfaatan
Peluang secara Kreatif dan Inovatif (komunikatif)
|
Pengetahuan:
●
Tes
tertulis
Keterampilan:
●
Unjuk
kerja
●
Portofolio
|
·
Produk Kreatif
dan Kewirausahaan, Kelas XII HUP, 2019
|
3.13.
Menganalisis prosedur pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa
4.13.
Melakukan pengujian produk barang/jasa
|
3.13.1.
Menjelaskan Pengertian
Perakitan Produk, Metode Perakitan Produk
3.13.2 Mengidentifika-si Persiapan Alat dan
Bahan-Bahan Produksi, Pemanfaatan Peluang secara Kreatif dan Inovatif
4.13.1.
Menentukan Metode
Perakitan Produk
4.13.2.
Membuat Persiapan
Alat dan Bahan-Bahan Produksi,
|
·
Pengertian Perakitan Produk,
·
Metode Perakitan Produk,
·
Persiapan Alat dan Bahan-Bahan Produksi,
·
Pemanfaatan Peluang secara Kreatif dan Inovatif
|
16
|
·
Mengamati untuk mengiden-tifikasi
dan merumuskan masalah tentang Pengertian Perakitan Produk, Metode Perakitan Produk Persiapan Alat dan
Bahan-Bahan Produksi, Pemanfaatan Peluang secara Kreatif dan Inovatif.(rasa
ingin tahu)
·
Mengumpulkan data tentang Pengertian Perakitan Produk, Metode Perakitan Produk Persiapan Alat dan
Bahan-Bahan Produksi, Pemanfaatan Peluang secara Kreatif dan Inovatif dengan membaca buku/internet.
(Gemar membaca)
·
Mengolah data tentang Pengertian Perakitan Produk, Metode Perakitan Produk
Persiapan Alat dan Bahan-Bahan Produksi, Pemanfaatan Peluang secara Kreatif
dan Inovatif.
(mandiri dan tanggung jawab)
·
Mengomunikasikan tentang Pengertian Perakitan Produk, Metode Perakitan Produk
Persiapan Alat dan Bahan-Bahan Produksi, Pemanfaatan Peluang secara Kreatif
dan Inovatif (komunikatif)
|
Pengetahuan:
●
Tes
tertulis
Keterampilan:
●
Unjuk
kerja
●
Portofolio
|
·
Produk Kreatif
dan Kewirausahaan, Kelas XII HUP, 2019
|
3.14. Menganalisis prosedur pengujian kesesuaian
fungsi produk barang/jasa
4.14.
Melakukan pengujian produk barang/jasa
|
3.14.1. Menjelaskan Prosedur
Pengujian Produk
3.14.2. mengidentifi-kasi Fungsi/
Standar/ dan Tujuan Pengujian Produk,
3.14.3. Menguraikan Prosedur
Pengujian Produk
4.14.1. Menentukan penetapkan Prosedur Pengujian Produk.
4.14.2. Menetapkan Prosedur Pengujian
Produk.
|
·
Prosedur Pengujian Produk,
·
Fungsi/ Standar/ dan Tujuan Pengujian Produk,
·
Menetapkan Prosedur Pengujian Produk.
|
16
|
·
Mengamati untuk mengiden-tifikasi
dan merumuskan masalah tentang Prosedur Pengujian Produk, Fungsi/ Standar/ dan Tujuan Pengujian Produk,
Menetapkan Prosedur Pengujian Produk. (rasa ingin tahu)
·
Mengumpulkan data tentang Prosedur Pengujian Produk, Fungsi/ Standar/ dan Tujuan Pengujian Produk,
Menetapkan Prosedur Pengujian Produk. dengan membaca buku/internet. (Gemar membaca)
·
Mengolah data tentang Prosedur Pengujian Produk, Fungsi/ Standar/ dan Tujuan
Pengujian Produk, Menetapkan Prosedur Pengujian Produk.
(mandiri dan tanggung jawab)
·
Mengomunikasikan tentang Prosedur Pengujian Produk, Fungsi/ Standar/ dan Tujuan
Pengujian Produk, Menetapkan Prosedur Pengujian Produk.
(komunikatif)
|
Pengetahuan:
●
Tes
tertulis
Keterampilan:
●
Unjuk
kerja
●
Portofolio
|
·
Produk Kreatif
dan Kewirausahaan, Kelas XII HUP, 2019
|
3.15. Mengevaluasi kesesuaian hasil produk dengan rancangan
4.15.
Melakukan pemeriksaan produk sesuai dengan kriteria kelayakan produk/standar
operasional
|
3.15.1. Menjelaskan Pengertian/
Manfaat/ dan Kriteria Produk SNI
3.15.2. mengidentifi-kasi Tahapan Pengujian Produk
3.15.3. Menguraikan kese-suaian
Tahapan Pengujian Produk
4.15.1. Menentukan Menyusun
Tahapan Pengujian Produk
4.15.2. Membuat Menyusun
Tahapan Pengujian Produk
|
·
Menyusun Tahapan Pengujian Produk,
·
Pengertian/ Manfaat/ dan Kriteria Produk SNI.
|
16
|
·
Mengamati untuk mengiden-tifikasi
dan merumuskan masalah tentang Pengertian/ Manfaat/ dan Kriteria Produk SNI Menyusun Tahapan Pengujian Produk,
(rasa
ingin tahu)
·
Mengumpulkan data tentang Pengertian/ Manfaat/ dan Kriteria Produk SNI Menyusun Tahapan Pengujian Produk dengan membaca buku/internet.
(Gemar membaca)
·
Mengolah data tentang Pengertian/ Manfaat/ dan Kriteria Produk SNI Menyusun Tahapan Pengujian Produk
(mandiri dan tanggung jawab)
·
Mengomunikasikan tentang Pengertian/ Manfaat/ dan Kriteria Produk SNI Menyusun Tahapan Pengujian Produk
(komunikatif)
|
Pengetahuan:
●
Tes
tertulis
Keterampilan:
●
Unjuk
kerja
●
Portofolio
|
·
Produk Kreatif
dan Kewirausahaan, Kelas XII HUP, 2019
|
3.16.
Memaha-mi papar-an deskrip-tif, naratif, argumen-tatif, atau persuasif tentang
produk/ jasa
4.16.
Menyusun paparan deskriptif, naratif, ar-gumentatif, atau per-suasif ten-tang pro-duk/jasa
|
3.16.1. menjelaskan Produk Teknologi Tepat Guna, Klasifikasi
Produk Barang & Jasa, Jenis Produk Bisnis, Menyusun Penjelasan pada Label
Kemasan
3.16.2. mengidentifika-si
Produk Teknologi Tepat Guna, Klasifikasi
Produk Barang & Jasa, Jenis Produk Bisnis, Menyusun Penjelasan pada Label
Kemasan
4.16.1. Menentukan Klasifikasi Produk Barang & Jasa, Jenis Produk
Bisnis
4.16.2. menyusun Label Kemasan
|
·
Produk Teknologi Tepat Guna,
·
Klasifikasi Produk Barang &
Jasa, Jenis Produk Bisnis,
·
Menyusun Penjelasan pada Label
Kemasan.
|
16
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi
dan merumuskan masalah tentang Produk Teknologi
Tepat Guna, Klasifikasi Produk Barang & Jasa, Jenis Produk Bisnis,
Menyusun Penjelasan pada Label Kemasan. (rasa ingin tahu)
·
Mengumpulkan data tentang Produk Teknologi
Tepat Guna, Klasifikasi Produk Barang & Jasa, Jenis Produk Bisnis, Menyusun
Penjelasan pada Label Kemasan dengan
membaca buku/internet. (gemar membaca)
·
Mengolah data tentang Produk Teknologi
Tepat Guna, Klasifikasi Produk Barang & Jasa, Jenis Produk Bisnis,
Menyusun Penjelasan pada Label Kemasan (mandiri dan tanggung jawab)
·
Mengomunikasikan tentang Produk Teknologi
Tepat Guna, Klasifikasi Produk Barang & Jasa, Jenis Produk Bisnis,
Menyusun Penjelasan pada Label Kemasan
(komunikatif)
|
Pengetahuan:
● Tes tertulis
Keterampilan:
● Unjuk kerja
● Portofolio
|
·
Produk Kreatif
dan Kewirausahaan, Kelas XII HUP, 2019
|
3.17.
Menentukan media promosi
4.17.
Membuat media promosi berdasarkan segmentasi pasar
|
3.17.1. Menjelaskan Arti
dan Fungsi Promosi, Segmentasi dan Pembagian Kelompok Pasar/Konsumen, Jenis
dan Bentuk Promosi, Macam-Macam Strategi dan Media Promosi
3.17.2. Menyebutkan Bentuk
Promosi, Macam-Macam Strategi dan Media Promosi
3.17.3. Menjelaskan Bentuk
Promosi, Macam-Macam Strategi dan Media Promosi.
4.17.1.
Menentukan strategi dan media promosi berdasarkan segmentasi
4.11.2. Membuat strategi dan media
promosi berdasarkan segmentasi
|
·
Arti dan Fungsi Promosi,
·
Segmentasi dan Pembagian Kelompok Pasar/Konsumen,
·
Jenis dan Bentuk Promosi,
·
Macam-Macam Strategi dan Media Promosi
|
16
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi dan
merumuskan masalah tentang Arti dan Fungsi Promosi, Segmentasi dan
Pembagian Kelompok Pasar/Konsumen, Jenis dan Bentuk Promosi, Macam-Macam
Strategi dan Media Promosi (rasa ingin tahu)
·
Mengumpulkan data tentang Arti dan Fungsi Promosi,
Segmentasi dan Pembagian Kelompok Pasar/Konsumen, Jenis dan Bentuk Promosi,
Macam-Macam Strategi dan Media Promosi dengan membaca buku/ internet. (gemar membaca)
·
Mengolah data tentang Arti dan Fungsi Promosi,
Segmentasi dan Pembagian Kelompok Pasar/Konsumen, Jenis dan Bentuk Promosi,
Macam-Macam Strategi dan Media Promosi (mandiri
dan tanggung jawab)
·
Mengomunikasikan tentang Arti dan Fungsi Promosi, Segmentasi dan
Pembagian Kelompok Pasar/Konsumen, Jenis dan Bentuk Promosi, Macam-Macam
Strategi dan Media Promosi (komunikatif)
|
Pengetahuan:
● Tes tertulis
Keterampilan:
● Unjuk kerja
● Portofolio
|
·
Produk Kreatif
dan Kewirausahaan, Kelas XII HUP, 2019
|
3.18.
Menyeleksi strategi pemasaran
4.18.
Membuat media promosi berdasarkan segmentasi pasar
|
3.18.1. Menjelaskan ten-tang Konsep Inti
Pemasaran, Arti dan Tujuan Marketing Mix (Bauran Pemasaran), Marketing Plan,
Strategi Pemasaran Digital
3.18.2. menjelaskan tu-juan strategi
pe-masaran.
3.18.3.Menyebutkan strategi pema-saran
produk
4.18.1.
Menentukan Membuat Srategi Pemasara.
4.18.2. Melakukan rencana pema-saran
sebuah produk.
|
·
Konsep Inti Pemasaran
·
Arti dan Tujuan Marketing Mix (Bauran Pemasaran),
·
Marketing Plan, Strategi Pemasaran Digital,
·
Membuat Srategi Pemasara.
|
16
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi
dan merumuskan masalah
tentang Konsep Inti
Pemasaran, Arti dan Tujuan Marketing Mix (Bauran Pemasaran), Marketing Plan,
Strategi Pemasaran Digital, Membuat Srategi Pemasaran, (rasa
ingin tahu)
·
Mengumpulkan data tentang Konsep Inti
Pemasaran, Arti dan Tujuan Marketing Mix (Bauran Pemasaran), Marketing Plan,
Strategi Pemasaran Digital, Membuat Srategi Pemasaran dengan membaca buku/ internet. (gemar membaca)
·
Mengolah data tentang Konsep Inti Pemasaran, Arti dan Tujuan
Marketing Mix (Bauran Pemasaran), Marketing Plan, Strategi Pemasaran Digital,
Membuat Srategi Pemasaran (mandiri dan tanggung
jawab)
·
Mengomunikasikan tentang Konsep Inti Pemasaran, Arti dan Tujuan
Marketing Mix (Bauran Pemasaran), Marketing Plan, Strategi Pemasaran Digital,
Membuat Srategi Pemasaran (komunikatif)
|
Pengetahuan:
● Tes tertulis
Keterampilan:
● Unjuk kerja
● Portofolio
|
·
Produk Kreatif
dan Kewirausahaan, Kelas XII HUP, 2019
|
3.19.
Menilai perkembangan usaha
4.19.
Membuat bagan perkembangan usaha
|
3.19.1.Menjelaskan Pengertian
Pengembangan Usaha, Tahapan Pengembangan Usaha, Menilai Perkembangan Usaha.
3.19.2. Menyebutkan Tahapan Pengembangan
Usaha.
4.19.1.
Menentukan indikator penilai Perkembangan Usaha
4.11.2.
Membuat penilain bagan perkembangan usaha
|
·
Pengertian Pengembangan Usaha,
·
Tahapan Pengembangan Usaha,
·
Menilai Perkembangan Usaha
|
8
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi
dan merumuskan masalah
tentang Pengertian
Pengembangan Usaha, Tahapan Pengembangan Usaha, Menilai Perkembangan Usaha (rasa
ingin tahu)
·
Mengumpulkan data tentang Pengertian Pengembangan Usaha, Tahapan
Pengembangan Usaha, Menilai Perkembangan Usaha dengan membaca buku/ internet. (gemar membaca)
·
Mengolah data tentang Pengertian Pengembangan Usaha, Tahapan
Pengembangan Usaha, Menilai Perkembangan Usaha (mandiri dan tanggung jawab)
·
Mengomunikasikan tentang Pengertian Pengembangan Usaha, Tahapan
Pengembangan Usaha, Menilai Perkembangan Usaha (komunikatif)
|
Pengetahuan:
● Tes tertulis
Keterampilan:
● Unjuk kerja
● Portofolio
|
·
Produk Kreatif
dan Kewirausahaan, Kelas XII HUP, 2019
|
3.20.
Menentukan standard laporan keuangan
4.20.
Membuat laporan keuangan
|
3.20.1. Menjelaskan Arti dan Tujuan
Laporan Keuangan
3.20.2. Menjelaskan tu-juan standar laporan Sistematika
dan Metode Penghitungan Laporan Keuangan.
3.20.3. Menyebutkan Metode Penghitungan Laporan Keuangan
3.20.4. Menjelaskan Analisis Laporan Keuangan, Metode Rasio Keuangan
4.20.1.
Menentukan Metode Rasio Keuangan keuangan.
4.20.2. Membuat laporan keuangan
7
|
·
Arti dan Tujuan Laporan Keuangan,
·
Jenis dan Bentuk Laporan Keuangan,
·
Sistematika dan Metode Penghitungan Laporan Keuangan,
·
Analisis Laporan Keuangan, Metode Rasio Keuangan
|
16
|
·
Mengamati untuk mengidentifikasi
dan merumuskan masalah
tentang Arti dan Tujuan
Laporan Keuangan, Jenis dan Bentuk Laporan Keuangan, Sistematika dan Metode
Penghitungan Laporan Keuangan, Analisis Laporan Keuangan, Metode Rasio
Keuangan (rasa ingin tahu)
·
Mengumpulkan data tentang Arti dan Tujuan Laporan Keuangan, Jenis dan
Bentuk Laporan Keuangan, Sistematika dan Metode Penghitungan Laporan
Keuangan, Analisis Laporan Keuangan, Metode Rasio Keuangan dengan membaca buku/ internet. (gemar membaca)
·
Mengolah data tentang menentukan standar laporan keuangan
(mandiri dan tanggung jawab)
·
Mengomunikasikan tentang mem-buat laporan keuangan.
(komunikatif)
|
Pengetahuan:
● Tes tertulis
Keterampilan:
● Unjuk kerja
● Portofolio
|
·
Produk Kreatif
dan Kewirausahaan, Kelas XII HUP, 2019
|
Mengetahui:
Kepala SMK Negeri 1 Grogol,
MOHAMAD ALFIN HILMI,
M.M., M.Pd.
NIP. 19701231 200801 1 038
|
Kediri, 16 Juli 2019
Guru Mata Pelajaran,
M. ZAINUDIN, S.Pd, M.Pd.
NIP: -
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar