Selasa, 06 Agustus 2019

RPP PKK KELAS XII AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A.    Identitas Program Pendidikan, meliputi:

Nama Sekolah              :  SMKN 1 GROGOL KEDIRI
Mata Pelajaran              :  PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN
Kompetensi Keahlian    :  Akuntansi dan Keuangan Lembaga
Kelas / Semester          :  XII / 1
Tahun Pelajaran            :  2019/2020
Alokasi Waktu               :  16 X 45 menit ( 2 pertemuan)

B.    Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
       Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.       Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar
KOMPETENSI DASAR
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI DASAR
(KETERAMPILAN)
3.9   Menganalisis pemasaran produk
4.9   Melakukan pemasaran produk

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
3.9               Menganalisis pemasaran produk
Indikator Pencapaian Kompetensi:
3.3.1          Menjelaskan pengertian pemasaran
3.3.2          Menguraikan sistem pemasaran
3.3.3          Mengidentifikasi strategi pemasaran yang efektif
3.3.4          Menyebutkan rencana strategi pemasaran produk
3.3.5          Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran

4.9   Melakukan pemasaran produk
Indikator Pencapaian Kompetensi:
3.1.1. Memilih strategi pemasaran yang efektif
3.1.2. Menentukan sistem pemasaran yang digunakan
3.1.3. Memasarkan produk

D.    Tujuan Pembelajaran
       Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat:
1.       Menjelaskan pengertian pemasaran
2.       Menguraikan sistem pemasaran
3.       Mengidentifikasi strategi pemasaran yang efektif
4.       Menyebutkan rencana strategi pemasaran produk
5.       Menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran
6.       Memilih strategi pemasaran yang efektif
7.       Menentukan sistem pemasaran yang digunakan
8.       Memasarkan produk

E.    Materi Pembelajaran
1.       Pengertian Pemasaran
2.       Sistem Pemasaran
3.       Strategi Pemasaran

F.    Pendekatan, Strategi dan Metode
       Pendekatan       : Scientific
       Strategi/Model   :    Kooperatif
       Metode             : diskusi, menggali informasi, tanya jawab

G.    Kegiatan Pembelajaran
       Pertemuan ke 1 dan 2
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
1. Pendahuluan
§  Melakukan pembukaan dengan salam pembukaan dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
§  Menyanyikan lagu Indonesia Raya
§  Membaca literasi
§  Mengkondisikan peserta didik
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
§  Menyampaikan teknik penilaian yang akan digunakan
§  Menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan
§  Melakukan pre-test
10 menit
2. Kegiatan Inti

Penyampaian tujuan dan pemberian motivasi siswa
-       Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang akan dicapai baik secara afektif, kognitif tentang materi pemasaran produk
-       Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk secara aktif dan partisipatif ikut andil dalam kegiatan pembelajaran tentang materi pemasaran produk
… menit
Menyajikan informasi
-     Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan cara demonstrasi atau melalui bahan bacaan tentang materi pemasaran produk
-     Guru meminta siswa untuk mengamati tayangan dari berbagai sumber bacaan atau referensi lain dan memberikan tanda pada bagian/hal yang belum mereka pahami tentang isi materi pemasaran produk
-     Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan materi pemasaran produk yang belum mereka pahami
Mengorganisasi siswa kedalam kelompok belajar
-       Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan membantu setiap siswa agar melakukan transisi secara efisien
-       Guru memberikan topik bahasan tentang materi pemasaran produk kepada tiap kelompok untuk didiskusikan
-       Guru memberikan motivasi sisiwa untuk menggali pemahaman mereka mengenai materi pemasaran produk
-       Siswa melakukan diskusi dan pengamatan bersama dengan teman kelompoknya untuk mendiskusikan topik yang diberikan guru tentang materi pemasaran produk
-       Guru meminta siswa secara mandiri untuk menyampaikan pendapat kepada teman-teman dalam satu kelompok
Membimbing kelompok belajar dan bekerja
-       Guru berkeliling pada masing-masing kelompok untuk memberikan bimbingan materi diskusi tentang materi pemasaran produk dan memotivasinya
Evaluasi
-        Guru menyampaikan kepada semua kelompok untuk mengaitkan masing-masing pendapat dari anggota kelompok untuk disusun menjadi satu kesimpulan tentang materi pemasaran produk
-        Secara bergantian guru memberikan kesempatan kepada semua kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya
-        Guru mempersilakan kepada siswa kelompok lain untuk menanggapi penyajian dari kelompok penyaji
3. Penutup

§  Secara bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang materi pemasaran produk.
§  Guru memberikan konfirmasi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran.
§  Guru memberikan evaluasi (post test) dan menyuruh siswa secara individu untuk mengerjakannya
§  Siswa diberi tugas untuk melakukan observasi tentang materi pemasaran produk.
§  Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
§  Guru menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa penutup.

15 menit

H.    Alat/bahan dan Media Pembelajaran
       Alat/bahan                    :  Komputer, LCD
       Media Pembelajaran      :  slide konsep, sistem, dan strategi pemasaran

I.     Sumber Belajar
-       Keterkaitan SKL, KI dan KD
-       Buku/modul pembelajaran
-       Internet

J.    Penilaian Pembelajaran
a.    Teknik   : Non Test dan Test
b.    Bentuk  :
-            Penilaian pengetahuan        : Tes tertulis uraian
-            Penilaian keterampilan        : Melakukan pemasaran produk



                                                          Q                      Kediri, 21 Juli  2019

Menyetujui,                                 
Kakomli Akuntansi                                                                       Guru Mata Pelajaran



Suciati, S.Pd.                                                                               M. Zainudin, S.Pd, M.Pd.                                       


Mengetahui
Kepala SMKN 1 GROGOL





MOH ALFIN HILMI, MM, M.Pd.
NIP 19701231 200801 1 038






1 komentar:

  1. perangkat pembelajarannya yg terbaruu mantep terimakasih ya pak udah bs jd contoh buat saya yang batru pemula

    BalasHapus