Kamis, 14 Juli 2011

SILABUS KEWIRAUSAHAAN

SILABUS

NAMA SEKOLAH : SMK PLUS AR-RAHMAH PAPAR KEDIRI
MATA PELAJARAN : Kewirausahaan
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
KODE KOMPETENSI : A
ALOKASI WAKTU : 52 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR










TM
PS
PI


    1. Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha
  • Disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovasi, mandiri dan selalu bekerja dengan berprestasi
  • Kebeberhasilan dan kegagalan wirausahawan diidentifikasi berdasarkan sikap dan perilakunya dalam keseharian
  • Pengertian kewirausahaan
  • Karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis
  • Cara mengidentifikasi 10 kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan
  • Menjelaskan pengertian kewirausahaan, wirausaha dan wirausahawan
  • Mengetahui dan mengimplementasikan karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan siswa
  • Mengetahui cara mengidentifiikasi dan menerapkan 10 kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan dalam keseharian siswa di sekolah dan lingkungan
  • Menyimpulkan karakteristik wirausahawan yang berhasil dan yang gagal
  • Menghargai karya dan pengalaman orang lain sebagai masukan bagi pengembangan diri






  • Tes tertulis
  • Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
<S>4
<S>1 (2)
<D>1 (4)
  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan Kelas X, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk Kelas x semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan
    1. Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju)



  • Kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi :
      • Kerja ikhlas
      • Kerja mawas >< emosional
      • Kerja cerdas
      • Kerja keras
      • Kerja tuntas










  • Pengertian, tujuan, manfaat perilaku kerja prestatif
  • Perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi:
    • kerja ikhlas
    • kerja mawas >< emosional
    • kerja cerdas
    • kerja keras
    • kerja tuntas
  • Prinsip cara kerja prestatif



  • Mengetahui pengertian, tujuaan dan manfaat perilaku kerja prestatif
  • Menjelaskan cara kerja prestatif (selalu ingin maju)
  • Menerapkan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) dalam kehidupan keseharian di lingkungan keluarga, sekolah & masyarakat :
    • Kerja ikhlas
    • Kerja mawas >< emosiosonal
    • Kerja cerdas
    • Kerja keras
    • Kerja tuntas
  • Tes tertulis
  • Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
5
2 (4)
1 (4)
  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas x semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
Buku referensi yang relevan
    1. Merumuskan solusi masalah




  • Masalah diidentifikasi, dirumuskan dan dianalisis, dengan percaya diri
  • Kecakapan mengolah informnasi,
  • Berpikir kreatif
  • Kecakapan memecahkan masalah,
  • Kecakapan bekerjasama dengan teman sekerja
  • Alternatif perumusan solusi masalah berdasarkan hasil analisis
  • Pengertian masalah
  • Teknik pemecahan masalah dan pembuatan keputusan
  • Membedakan masalah dan bukan masalah
  • Identifikasi masalah dan mencari penyebabnya
  • Mencari dan menentukan alternatif pemecahan masalah
  • Pertimbangan dalam merumuskan solusi masalah
  • Dampak dari pengambilan keputusan




  • Mengetahui pengertian dan perbedaan masalah dan bukan masalah
  • Mengetahui teknik pemecahan masalah dan pengambilan keputusan serta menerapkan dalam kehidupan aktivitas keseharian di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
  • Mengidentifikasi masalah dan mencari penyebab terjadinya masalah
  • Menentukan alternatif pemecahan permasalahan
  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
5
2 (4)
1 (4)
  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan Kelas X, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas x semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan
    1. Mengembangkan semangat wirausaha
  • Menciptakan daya saing sesuai dengan instrumen penilaian
  • Menciptakan sikap selalu ingin maju sesuai dengan instrumen penilaian



  • Meningkatkan sikap disiplin dan etos kerja dengan instrumen penilaian
  • Menumbuhkan kreativitas dan inovatif siswa sesuai dengan instrumen penilaian
  • Inovatif
  • Kreatifitas
  • Motivasi
  • Sikap bekerja efektif dan efisien
  • Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja wirausaha
  • Mengetahui pengertian-pengertian inovasi, kreatifitas dan motivasi
  • Mengetahui prinsip-prinsip kerja yang efektif dan efisien

  • Menerapkan faktor pengaruh semangat kerja dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan
  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio


  • Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
6
2 (4)

  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan Kelas X, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas X semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan
    1. Membangun komitmen bagi dirinya dan bagi orang lain
  • Pantang menyerah terhadap keadaan atau situasi apapun juga
  • Memiliki semangat dan tahan uji dari setiap tantangan
  • Memiliki kesabaran dan ketabahan di dalam berusaha
  • Selalu bekerja, berjuang dan berkorban
  • Faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi
  • Menerapkan perilaku tepat waktu
  • Menerapkan perilaku tepat janji
  • Menerapkan kepedulian terhadap mutu hasil kerja
  • Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri

  • Mengetahui faktor-faktor yang menunjukkan seseorang mempunyai komitmen tinggi dalam keseharian aktivitas
  • Menerapkan perilaku tepat waktu, tepat janji dalam kegiatan aktivitas keseharian baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan
  • Menerapkan komitmen tinggi terhadap kepedulian mutu hasil pekerjaan
  • Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri seperti disiplin, ulet dan ketabahan
  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
5
2 (4)
1 (4)
  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan kelas X, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas X semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
Buku referensi yang relevan
    1. Mengambil resiko usaha
  • Identifikasi jenis-jenis resiko
  • Memperkecil resiko yang merugikan

  • Prinsip dasar resiko meliputi pengertian, macam, unsur, manfaat, tujuan dsb
  • Manajemen resiko
  • Memahami pengambilan resiko usaha
  • Macam-macam resiko
  • Unsur resiko
  • Mengelola resiko meliputi penanganan sendiri, cara menghindari, memperkecil resiko negatif dan pengalihan resiko kepada pihak lain

  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
4
2 (4)


  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas X semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan
    1. Membuat keputusan
  • Alternatif pemecahan masalah
  • Solusi memecahkan masalah

  • Resiko keberhasilan dan kegagalan dalam pengambilan keputusan

  • Solusi pemecahan masalah
  • Komunikasi
  • Analisis SWOT
  • Mengetahui pengertian pengambilan keputusan
  • Merumuskan atau mendefinisikan masalah/persoalan dari suatu kejadian (event) dengan membuat alternatif- alternatif pemecahan masalah
  • Memecahkan masalah keseharian berdasarkan penugasan guru melalui diskusi (brainstorming, force field analysis).
  • Mengambil keputusan berdasarkan kondisi yang ditetapkan guru, melalui diskusi dengan analisis SWOT).
  • Memperhitungkan resiko dalam membuat keputusan
  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
6
2 (4)

  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas X semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan

NAMA SEKOLAH : SMK PLUS AR-RAHMAH PAPAR KEDIRI
MATA PELAJARAN : Kewirausahaan
KELAS/SEMESTER : X/2
STANDAR KOMPETENSI : 2. Menerapkan Jiwa Kepemimpinan
KODE KOMPETENSI : B
ALOKASI WAKTU : 24 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR





TM
PS
PI

  1. Menunjukkan sikap pantang menyerah dan ulet

  • Kegiatan usaha dilakukan dengan semangat, tidak putus asa, selalu ingin maju, dan selalu mencari sesuatu yang baru sesuai dengan instrumen yg telah ditetapkan
  • Mengetahui hakikat sikap pantang menyerah dan ulet
  • Melakukan sikap pantang menyerah dan ulet dalam kegiatan usaha
  • Menjelaskan hakikat sikap pantang menyerah dan ulet
  • Mempunyai sikap pantang menyerah dan ulet dengan keikutserta-an (magang) pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam program CBT

  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
6





2 (4)











  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan Kelas X, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas X semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan
  1. Mengelola konflik

  • Melakukan identifikasi terhadap konflik







  • Memanfaatkan Konflik


  • Mengetahui penyebab, tipe, manfaat, dampak, jenis, pengelompokan, tahap terjadinya, penanggulangan dan cara mengelola konflik
  • Mengetahui dampak negatif dan positif dari konflik
  • Memanfaatkan konflik positif
  • Mengatasi konflik negatif
  • Menjelaskan penyebab, tipe-tipe, dampak, jenis-jenis, kelompok, tahapan terjadinya, penanggulangan dan pengelolaan konflik
  • Mengatasi konflik yang timbul dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam program CBT
  • Mengambil manfaat dari konfik yang terjadi dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam CBT










  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
6





2 (4)






  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas X semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
Buku referensi yang relevan
  1. Membangun visi dan misi usaha
  • Menyusun visi dan misi perusahaan
  • Menyusun rencana kegiatan sesuai dengan visi dan misi perusahaan

  • Mengetahui visi dan misi perusahaan
  • Mengetahui kegiatan yang dapat digunakan untuk mencapai visi dan misi perusahaan
  • Menjelaskan visi dan misi perusahaan
  • Dapat menjalankan visi dan misi dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam program CBT
  • Tes tertulis
  • Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
  • Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
6



2 (4)







  • Ajeng, Sani, Modul Kewirausahaan, Solo : CV sti-aji
  • Ating tedjasutisna, 2007, Kewirausahaan untuk kelas X semestert 1 dan 2, Bandung : CV armico
  • Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
  • Laporan kinerja siswa yang dihasilkan
  • Buku referensi yang relevan







Mengetahui, Purwotengah,
Kepala sekolah Guru Pengajar

Drs. Sarmuji M.Zainudin, S. Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar